Sejarah Kopi

Sejarah Kopi Mulak Ulu, Sumatera Selatan

Sejarah Kopi Mulak Ulu, Sumatera Selatan

Mengenal Sejarah Kopi Mulak Ulu

Sejarah kopi di Mulak Ulu dimulai pada masa penjajahan Belanda.Pohon kopi diperkenalkan ke wilayah tersebut pada abad ke-19 dan  dibudidayakan oleh penduduk setempat. Sejak saat itu, kopi Mulak Ulu menjadi  komoditas penting di masyarakat. Kopi Mulak Ulu Terletak di kaki Gunung Dempo di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, menyimpan sebuah harta yang tersembunyi yaitu Kopi Mulak Ulu. Di wilayah Mulak Ulu ini kaya akan alam, dan kopi Robusta ditanam secara melimpah sehingga memberikan cita rasa yang  unik.

Faktor Keunikan Kopi Mulak Ulu :

Keunikan Kopi Mulaku Ulu berasal dari beberapa factor, di antaranya :

  • Ketinggian tanam: Kopi Mulak Ulu ditanam pada ketinggian antara 1.000 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut. Ketinggian ini sempurna untuk menghasilkan kopi  yang kompleks dan kaya rasa.
  • Jenis Tanah: Kopi Mulak Ulu ditanam di tanah vulkanik yang kaya nutrisi, sehingga menghasilkan kopi  yang lebih enak dan aromatik.
  • Iklim: Iklim  Mulak Ulu sangat ideal untuk menanam kopi Robusta, dengan curah hujan yang cukup dan suhu sedang.
  • Teknik Pengolahan : Kopi Mulak Ulu diolah dengan proses penggilingan basah (full wash), sehingga menghasilkan rasa yang lebih bersih dan seimbang.

Pototensi Kopi Mulak Ulu :

Kopi Mulak Ulu mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan.Kualitasnya yang tinggi dan cita rasa yang unik sangat digemari di kalangan pecinta kopi baik dalam negeri maupun internasional. Saat ini kopi Mulak Ulu semakin menarik perhatian para pecinta kopi dan pengusaha kopi, serta berpotensi menjadi bahan baku kelas dunia.

https://kopimu.id/minimalist-japanese-inspired-furniture

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *